awalan

Cara Install Debian tampilan CLI di Virtual Box


Tools yang dibutuhkan
1. Virtual Box bisa di download di situs resmi https://www.virtualbox.org/
2. Cd/Dvd Image bisa di download di situs http://kambing.ui.ac.id/iso/debian/ atau situs lainnya
baiklah mari la kita mulai cara menginstall debian tampilan CLI di Virtual Box

1. Membuat Virtual Mesin Untuk Debian yang akan di install 

Klik New yang bericon gear mesin

Isi Kolom name untuk nama virtual mesin, Type jenis Sistem Operasi yang hendak di install dalam virtual mesin, dan version untuk versi system operasinya.


Tentukan berapa Ram (memory Size) pada virtual mesin, contoh untuk debian saya buat 1024 MB,
ini bisa di sesuaikan dengan specifikasi Ram komputer masing" buat separo dari ram komputer.

Pilih Create a virtual hard disk now, lalu klik create, untuk membuat hardisk virtual langsung

Pilih type hardisk VHD (Virtual hardisk), lalu klik Next


Pilih Dynamically allocated, lalu klik next


Tentukan Ukuran Virtual Harddisk yang akan dibuat sesuai minimal reqomended dari Sistem Operasi yang hendak di install, jika ingin menentukan tempat penyimpanan Virtual Hardisknya pilih icon folder, lalu klik next

Virtual Mesin/computer untuk Debian sudah selesai dibuat..



2. Lalu setelah selesai membuat Virtual mesinnya kita masukkan CD image debian yang kita punya 
Pilih Setting

Pilih Storage



Pilih Icon CD yang bertulis Empty, lalu pilih icon CD yang paling kanan pilih gambar icon folder (choose Virtual Optical Disk Drive), cari CD image windows atau system operasi yang diinginkan. Contoh debian-9.4.0-i386-netinst
Lalu pilih open





Pilih Ok


3. Install Debian
Pilih Start




Tampilan Utama dari Installer Debian 9

Karna hanya ingin menginstall bentuk CLI dari debian maka pilih install

Maka menu pilhan pertama yang akan tampil adalah bahasa ,selanjutnya pilih bahasa yang bisa kita kuasai , Indonesia atau English, saya milih English dengan tekan enter, dalam penginstallan Debian versi CLI (teks) mouse tidak bisa anda gunakan.

Disini pemilihan daerah yang kita tempati , pilih other jjika daerah tempat kita tidak ada, dikarnakan daerah tempat kita tidak ada maka akan tampil pilihan benua dimana kita tinggal disini temasuk pemilihan waktu zona kita pakai.

Maka pilih Asia, pilih Indonesia jika negaramu Indonesia

Pilih Country base default United States

Pemilihan jenis input keyboard pilih AmericaEnglish

Tunggu loading selesai



Ketik Nama Hostname kamu atau bisa diskip aja dengan tekan enter karna bisa konfigurasi lagi

Sama dikosongin aja dulu tidak apa untuk membuat nama domain

Selanjutnya anda akan disuruh membuat password dari root TIDAK boleh kosong atau untuk tampilkan apa yang kita ketik tekan tab tekan spasi, disini saya hanya mengkosongkan password root

Maka kita akan disuruh masukkan nama pengguna, bebas, saya tulis Magami lalu enter dan enter

Disini kita disuruh untuk memberikan password untuk user yang kita buat tadi (wajib disi “Magami”
saya ketik 1 lalu enter dan masukkan ulang password yang dibuat lalu enter

Selanjutnya memilih waktu time zone kita saya pilh Sumatra karna saya tinggal disumatra

Disini kita memilih metode partisi , saran saya pilih manual jadi kita bisa menentukan ukurannya

Pilih hardsik anda, punya saya vbox hardisk

Pilih yes

Maka akan tampil dibawahnya prim/log dibawah nama hardisk kita, lalu pilih itu yang ada bacaan free space

Create new partition

Disini saya hanya buat 2 partisi , 1 untuk root dan 1 lagi untuk swap memorie , untuk partisi swap kita harus membuat 2x memory ram rekomendasinya . Jadi swap partisi 2 Gb dan sisanya Root dan pilih saja primary keduanya untuk debiannya lebih baik dan pilih begining

Untuk partisi pertama saya buat root, kapisitas 23GB , Beginning ,Use As root , bootable flag on



Untuk partisi kedua saya buat us as swap , beginning, ukuran partisi 2x ukuran Ram saya

Pilih yes

Tunggu loading selesai

Pilih No

Pilih Negara untuk mirror country saya pilih infonesia

Untuk repository tempat download paket standar saya pilih suro…

Di kosongin aja tidak apa apa

Tunggu loading selesai

Karna paketnya tidak tersedia makanya tampilan seperti ini maka di continue saja

Tunggu proses selesai

Disini saya pilih yes saja

Hilangkan semua tanda bintang dengan cara tekan spasi kecuali standard system utilities untuk hanya menginstall tampilan CLI saja lalu enter

Tunggu proses selesai

Saya ingin menginstall grud jadi otomatis ke debian hardisk membacanya

Pilih nama Hardisk untuk install otomatis di Root

Pilih continue untuk menyetujui restart , selesai restart maka akan tampil

tampilan utama Debian versi CLI


itulah Cara menginstall debian versi CLI , semoga sukses :-)